Tahukah Anda bahwa bisnis daun kelor sangat potensial untuk dilakukan? Daun kelor memiliki nama latin Moringa oleifera. Tanaman ini banyak dibudidayakan di rumah dan sangat populer untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang menjalankan bisnis daun kelor dan berhasil meraup omset hingga puluhan juta rupiah. Peluang bisnis di bidang daun kelor ini memang cukup menjanjikan. Tak heran jika banyak orang yang mencoba memulai usaha atau bisnis ini.

Potensi budidayanya memang sangat bagus, dan harga jualnya cukup tinggi di pasaran. Para peminat daun kelor ini juga berasal dari berbagai bidang pekerjaan. Misalnya industri obat yang kemudian diolah kembali untuk mengatasi atau mengobati suatu penyakit. Cara budidayanya pun mudah, dan cara perkembangbiakannya bisa dengan metode stek.

Memulai Bisnis Daun Kelor dengan Langkah Tepat
Bisnis di bidang pertanian seperti misalnya pada daun kelor ini, menjadi bisnis yang menjanjikan dan tak pernah mati. Sama halnya dengan bisnis budidaya yang sangat menguntungkan. Dalam memulai bisnis ini sebenarnya mudah dan bisa dimulai dengan modal yang tidak banyak. Misalnya memulai budidaya daun kelor di pekarangan rumah.

1. Pelaku Bisnis Daun Kelor
Siapapun bisa menjadi pelaku bisnis ini, bahkan Anda pun bisa jika menjalankannya dengan baik. Apalagi jika Anda sedang bingung memilih jenis bisnis yang tepat, maka Anda bisa mencoba menjalankan bisnis daun yang satu ini. Jika niat dan kemauan Anda tinggi, maka bisnis ini bisa dijalankan dengan mudah.

2. Memahami Konsumen Daun Kelor
Konsumen budidaya daun kelor juga tidak terlalu sulit. Bahkan jumlah konsumen daun kelor ini cukup banyak. Misalnya para pelaku bisnis yang memerlukan daun kelor dalam bahan baku pembuatan suatu obat tertentu.

3. Mempersiapkan Peralatan Bisnis yang Dibutuhkan
Di dalam bisnis ini, juga diperlukan beberapa alat yang penting misalnya seperti pengadaan bibit, gerobak dorong, cangkul, timba, hand sprayer, timbangan, golok dan sabit dan masih banyak lagi. Pastikan seluruh peralatan yang dibutuhkan di dalam bisnis ini sudah tersedia. Supaya proses budidaya daun kelor yang Anda lakukan hasilnya lebih optimal.


4. Pemasaran Budidaya Daun Kelor
Anda bisa berjualan dari hasil budidaya daun kelor ini. Cara memasarkannya yaitu dengan menjualnya ke pasar atau menjual langsung ke pengepul. Bisa juga dengan memasarkan produk daun kelor ini kepada para pelaku bisnis yang menggunakan daun kelor, sebagai salah satu bahan pembuatan sesuatu.

5. Harga Jual Daun kelor
Patokan harganya bisa disesuaikan dengan harga di pasaran. Biasanya daun kelor ini dijual per Kg dalam kondisi kering. Harganya antara kisaran Rp35.000-Rp45.000. Namun harga ini masih berubah, dan tergantung pada harga daun kelor yang ada saat itu di pasaran. Keuntungan dari bisnis daun kelor ini bisa dilihat dari jenis bisnis pertaniannya dan nilainya cukup tinggi. Karena untuk saat ini, daun kelor menjadi salah satu jenis tanaman yang paling banyak dicari.

Itulah beberapa cara memulai bisnis daun kelor yang bisa ditiru oleh para pengusaha pemula. Diharapkan dengan informasi ini, Anda bisa mendapatkan inspirasi usaha bisnis dari daun kelor.

Buka Chat
1
Butuh Bantuan?
Manggurebe Ekspor
Hai Sahabat Ekspor, ada yang bisa kami bantu?